DUOLINGO : Belajar Banyak Bahasa Tanpa Kendala

Apa bahasa yang kamu gunakan sehari-hari? Apakah Bahasa Indonesia? Bahasa Jawa? Bahasa Sunda? Atau Betawi? Atau bahkan campuran semua itu? Apapun bahasamu, memang hanya satu fungsi bahasa. Satu fungsi yang memang bisa dibilang penting. Sebagai alat komunikasi.

Semua orang butuh sesuatu sebagai alat komunikasi. Bahkan teman-teman kita yang kurang beruntung pun mengembangkan bahasa isyarat mereka sendiri untuk berkomunikasi. Istilah kerennya bahasa bisa dibilang sebuah kode. Kode yang digunakan manusia untuk berhubungan satu sama lain di kehidupan mereka sehari-hari.

Berbeda negara, berbeda juga bahasa yang digunakan. Negara kita menggunakan Bahasa Indonesia. Berbeda dengan Malaysia, Singapura, atau negara tetangga yang menggunakan bahasa lain sesuai dengan kesepakatan mereka. Mengatasi kendala beda bahasa seperti ini akhirnya dimunculkan satu bahasa yang dipakai semua masyarakat se-dunia. Bahasa Inggris.

Sepertinya dengan adanya istilah masyarakat ekonomi asia, belajar bahasa asing terutama Bahasa Inggris menjadi hal yang lumrah. Semua ada yang menyediakan. Mulai dari yang mahalnya minta ampun (untuk ukuran saya) seperti kampung inggris, sampai belajar otodidak ala-ala aplikasi smartphone.

Karena saya belum pernah ke kampung inggris, jadi saya akan bahas belajar bahasa asing otodidak ala-ala aplikasi smartphone DUOLINGO.

 1. Duolingo, aplikasi untukmu yang ingin belajar banyak bahasa

photo6192779612161943466

Ketika mungkin sebagian dari kita hanya belajar Bahasa Inggris selain dari Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, maka Duolingo memberikan pilihan untuk belajar bahasa dari belahan bumi yang lain. Di sini kamu bisa belajar Bahasa Spanyol, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Italia, Portugis, Belanda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah kamu sedang berpikir, “ah, untuk apa belajar bahasa itu? toh aku tidak akan memakainya.”? Jika kamu sedang berpikir semacam ini, mindset kamu perlu dirubah. Belajar sesuatu yang baru adalah sebuah kebaikan. Tidak ada salahnya bagimu untuk menambah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan sangat luas. Dengan mempelajari bahasa dari belahan dunia yang lain, kamu akan bisa mempelajari budaya bahkan pengetahuan dari negara itu.

 2. Duolingo, bukan cuma sekedar translate. Speaking, Reading, Listening, dan Writing juga bisa diasah

photo6192779612161943469

Cara yang paling tepat untuk mengasah kemampuan berbahasa salah satunya dengan mencoba sendiri berbicara alias speaking. Dengan duolingo, bukan hanya kemampuan writing dan readingmu yang akan diasah. Tentor di Duolingo juga akan mengeja kata-kata untukmu. Mereka juga akan menguji kemampuan berbicaramu. Sempurna untuk belajar kata-kata baru.

 3. Duolingo, sistem belajar yang tidak akan membuat bosan

photo6192779612161943468

Di dalam aplikasi Duolingo ini ada yang dinamakan sistem achievements. Setiap kamu selesai menaklukan satu materi, kamu akan mendapatkan reward yang bisa kamu tukar dengan sebuah materi bonus. Dengan sistem ini kamu juga bisa terus tracking sudah berapa jauh progressmu.

Sistem dalam Duolingo sangat efektif. Publisher aplikasi ini mengklaim dengan 34 jam belajar di Duolingo sama dengan satu semester belajar di universitas. Wah, bisa dapat s1 dalam waktu beberapa minggu saja.

4. Duolingo, it is free

photo6192779612161943465

Duolingo ini tersedia di playstore untuk kamu dengan smartphone android. Kapan lagi belajar bahasa asing yang sangat banyak itu, dengan materi yang sangat lengkap, dengan sistem yang menyenangkan, tapi tetap nyaman di kantong?

Namun ada satu kelemahan dari Duolingo. Untuk kamu yang belum terlalu fasih dalam berbahasa Inggris sepertinya akan mengalami hambatan dalam belajar bahasa lain. Untuk dapat belajar bahasa lain, kamu harus fasih berbahasa Inggris terlebih dahulu karena tidak adanya fitur yang menyediakan materi Bahasa Indonesia ke Bahasa asing selain Bahasa Inggris.

Iklan

7 pemikiran pada “DUOLINGO : Belajar Banyak Bahasa Tanpa Kendala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s