Tak Pulang Kampung Saat Libur Semester? 3 Hal Seru Ini Akan Menemani Hari Liburmu

Akhir tahun dan awal tahun, menjadi saat-saat yang sakral bagi hidup seorang mahasiswa rantau. Bagaimana tidak, untuk seorang mahasiswa yang hidup jauh dari jangkauan keluarga pasti merasakan suatu perasaan yang dinamakan rindu. Rindu akan keluarga, rindu akan rumah, dan rindu akan suasana indah bersama teman dan kerabat di kampung halaman. Rindu hanya akan bisa terobati dengan cara bertemu. Bertemu langsung dengan orang yang disayang adalah saat yang ditunggu dan dianggap sakral bagi mahasiswa. Dan di antara semua tetek bengek kesibukan sebagai seorang pelajar, hanya ada waktu yang tepat untuk melepaskan semua hasrat kerinduan. Yap, libur semester. Libur dengan waktu yang sangat luang bahkan sampai lebih dari sebulan.

Mahasiswa saat ini sangat beda jauh dengan mahasiswa jaman dulu. Bisa dibilang perkembangan teknologi yang membuat hal ini menjadi pasti. Kalau di jaman dulu kegiatan mahasiswa hanya belajar dan berorganisasi. Kegiatan yang sudah bisa dibilang standar bagi seorang mahasiswa. Melatih hard skill lewat kegiatan belajar, dan melatih soft skill lewat organisasi. Tapi di jaman sekarang sudah bukan rahasia lagi mahasiswa telah menguasai pasar bisnis online. Online shop seperti di instagram banyak pengelolanya berasal dari mahasiswa. Bisa dibilang mahasiswa sekarang lebih sibuk dari mahasiswa jaman dulu.

Pulang memang menjadi solusi kerinduan, tapi penghalang untuk pulang juga tidak kalah banyak. Pertama dan yang terbesar adalah ongkos. Bahkan untuk ongkos pulang pergi ke kampung halaman di saat liburan bisa seharga gadget terbaru besutan pabrik di Korea. Kemudian jika dipikir-pikir lebih baik berdiam diri di perantauan ketimbang harus membuang ongkos sebanyak itu. Dan yang kedua, agenda seorang mahasiswa. Agenda mahasiswa di saat liburan ada-ada saja. Tapi dibalik itu sangat nanggung untuk dilakukan, dan nanggung untuk ditinggal pulang. Kegalauan karena agenda akhirnya timbul. Karena dua sebab besar itulah banyak mahasiswa yang merasa bosan di tempat perantauan karena bingung mau apa di liburannya kali ini.

Ambil Ranselmu, Pilih Destinasi di Sekitarmu, Biaya Murah, Pikiran Cerah

pexels-photo-24289.jpg

Namanya juga liburan, maka berliburlah. Ada sebab dimana orang menyebut hari libur agar orang bisa refreshing dan menata kembali hidupnya. Belum tentu jika pulang ke kampung halaman hal ini bisa dilakukan. Mungkin saja di rumah kita harus mengunjungi kerabat, mengunjungi teman lama, dan bahkan saudara yang belum pernah kita temui sebelumnya. Manfaatkanlah kesempatan itu kalau memang urusanmu telah selesai atau ada waktu luang.

Piknik akhir-akhir ini sering disalah-artikan. Orang-orang saat ini bisa dikatergorikan dalam 3D, didatangi-difoto-diupdate. Mereka lupa arti sebenarnya dari piknik. Asal sudah ke tempatnya dan sudah menunjukkan ke orang lain sudah dianggap piknik. Piknik tak perlu mahal dan tak perlu jauh. Kalau menunggu yang mahal, kamu akan sibuk menabung. Dan kalau memilih yang jauh, capek di perjalanan.

Tak Ada Salahnya Menguasai Skill Tertentu Lewat Kursus

pexels-photo-54216.jpeg

Belajar suatu skill baru tidak ada salahnya. Malah menambah kemampuanmu, siapa tahu menghasilkan. Anggap saja kursus bahasa asing. Ketika kamu bisa menguasainya akan ada banyak peluang yang datang. Kesempatan untuk pergi ke luar negeri juga akan semakin terbuka. Atau ambil kursus yang lain yang juga bermanfaat.

Waktu liburan bisa dibilang cukup untuk menguasai skill yang akan kamu pelajari. Jika kamu benar-benar passion dan mendalami, kemampuan itu akan mengalir seperti air. Malah waktu liburanmu akan lebih berguna bila dibandingkan pulang kampung dan hanya menghabiskan waktu dengan tiduran tidak jelas di rumah.

Kerja Sampingan Akan Menambah Pundi-pundi Hartamu

pexels-photo.jpg

Untuk yang satu ini memang gambling. Terkadang harus punya keahlian tertentu, atau bahkan tidak perlu keahlian di bidangnya. Tergantung pekerjaan apa yang akan dilakukan. Menjadi waitress di kafe-kafe sepertinya tidak perlu keahlian tertentu kecuali senyum yang ramah dan sabar dalam melayani pelanggan. Atau jika ingin yang sedikit lebih menantang, bisa mencoba cari-cari info soal proyek bersama dosen atau teman.

Dijamin waktu liburanmu yang tidak pulang kampung ini akan menjadi bermanfaat. Pengalaman bekerja menjadi upah yang tak ternilai. Belajar hidup di dunia kerja yang keras akan merubah pribadi kita. Dan tentunya selain itu uang saku akan bertambah untuk jajan di semester depan atau bahkan untuk ongkos pulang.

Iklan

8 pemikiran pada “Tak Pulang Kampung Saat Libur Semester? 3 Hal Seru Ini Akan Menemani Hari Liburmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s