Untuk Kamu yang Sedang Merindukan Kampung Halaman, Lakukan 5 Cara ini Untuk Mengatasinya

Pergi merantau ke tanah orang banyak sekali manfaatnya. 5 Alasan ini termasuk keuntungannya. Bagi beberapa orang merantau memang asyik. Banyak yang bisa didapatkan dari merantau. Teman-teman baru, pengalaman baru dan lainnya. Banyak juga yang merantau karena ingin menuntut ilmu. Hal ini dirasakan oleh mahasiswa. Di Indonesia banyak mahasiswa yang merantau ke Jawa untuk menimba ilmu.

Satu kata yang identik dengan merantau adalah rindu. Rindu akan kampung halaman tidak bisa dipinggirkan dari seorang perantau. Merantau selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun terkadang membuat kita rindu akan tempat kelahiran. Rindu akan tempat dimana sanak famili berada. Untuk kamu yang sedang rindu orang-orang yang kamu sayangi di sana, ada 5 cara yang bisa membantumu mengurangi rindumu itu.

 1. Jangan tunggu lama-lama, kalau kamu rindu langsung hubungi keluargamu

pexels-photo-42399.jpeg

Era digital saat ini tentu berbeda dengan jaman dulu. Kalau jaman dulu orang tua ingin mengirim selembar kertas harus menunggu lama karena lewat pos. Berbeda dengan jaman sekarang dengan era digital. Kamu dan orang tuamu tinggal menggunakan aplikasi chat. Bahkan kamu bisa langsung bertatap muka dengan mereka lewat video call. Tunggu apa lagi, jangan biarkan kangen keluarga merusak hari-harimu. Hubungi mereka selagi kamu sempat.

 2. Sibukkan dirimu dengan hal yang bermanfaat

pexels-photo-27983.jpg

Mengalihkan perhatianmu pada hal lain adalah salah satu cara mengatasi rasa kangen keluarga. Apabila kamu homesick berat, mencari hobi baru adalah solusi yang tepat. Kamu bisa melakukan hobi baru seperti olahraga, bermain musik, atau menulis. Hal-hal seperti itu bisa mengalihkan pikiranmu agar kamu tidak terlalu memikirkan mereka yang ada di sana.

 3. Berdo’a untuk mereka

pexels-photo-191139.jpeg

Tidak ada penyampai pesan terbaik selain Tuhan. Sampaikan rindumu kepada Tuhan lewat do’a. Curahkan semua pikiranmu kepada-Nya. Cari jawaban atas rasa rindu yang menimpa dirimu. Dengan berdo’a hati akan menjadi tenang, pikiran menjadi nyaman. Bahkan rasa rindu yang amat berlebih bisa dikurangi.

 4. Berhentilah memandang hal yang membuatmu rindu mereka

photo-memory-grandma.jpeg

Untuk orang perantau, membawa foto keluarga adalah hal yang biasa. Foto itu bisa sangat memotivasi kamu kalau kamu sedang butuh semangat. Cukup dengan memandangnya, kamu bisa berpikir bahwa orang-orang di kampungmu sedang menunggu kamu menjadi orang berhasil. Tetapi bagaimana bila kamu sedang rindu. Foto itu hanya akan menambah rasa rindumu pada mereka. Rasa rindu yang berlebih tidak baik. Kamu tidak akan bisa menjadi produktif ketika pikiranmu tidak tenang karena rasa kangen.

 5. Kalau kamu punya rejeki lebih, luangkanlah waktu untuk pulang

pexels-photo.jpg

Tidak ada obat rindu kampung halaman yang lebih mujarab ketimbang pulang. Pulang adalah solusi jika rindumu tak terbendung. Setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun merantau, kamu harus pulang. Sisihkanlah sebagian uangmu untuk sekedar pulang menengok mereka. Menengok orang-orang yang setiap hari menunggumu. Orang-orang yang setiap hari mendo’akanmu ketika kamu merantau.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s