Mau Hidup Sehat? Mudah Saja, Ikuti 6 Cara Simpel Ini

Gaya hidup sehat sekarang ini sering disalah-artikan. Gaya hidup yang healthy dianggap sebagai gaya hidup yang mahal. Lihat saja bagaimana anak muda jaman sekarang, untuk sekedar jogging saja harus ditemani dengan aplikasi smartphone yang mengukur panjangnya trek yang dilalui. Untuk hidup sehat tidak seribet itu kok. Cukup melakukan 6 hal ini agar hidupmu lebih sehat dan bugar.

 1. Minum air putih yang cukup

pexels-photo-113734.jpeg

Minum air putih sudah terbukti manfaatnya untuk tubuh manusia. Mengusir rasa haus ditenggorokan sudah pasti. Selain itu air putih juga berfungsi untuk menggantikan cairan di dalam tubuh yang hilang karena aktifitas. Cairan itu berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Kekurangan cairan ini dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi berdampak buruk untuk kesehatan.

 2. Makan makanan yang sehat

pexels-photo-126350.jpeg

Siapa bilang makanan sehat itu mahal? Kamu tidak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk yang satu ini. Makanan sehat mudah untuk ditemui. Tentu kalian masih ingat makanan 4 sehat 5 sempurna. Nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan lain sebagainya harus sesuai takaran. Memakan sayur dan buah sangat bermanfaat. Bandingkan dengan junk food yang dijual di restoran cepat saji. Sebaiknya makanan yang seperti ini dihindari.

 3. Rutin melakukan workout

woman-jogger-jogging-sport.jpg

Tubuh sehat tidak akan tercapai tanpa melakukan aktifitas atau berolahraga. Tetapi olahraga sering dianggap hal sepele yang selalu ditinggalkan. Manfaat olahraga sangat banyak. Membantu tubuh lebih fit, lebih segar dan sehat. Sedikit meluangkan waktu untuk berolahraga sangat dianjurkan. Terlebih jika kegiatanmu sehari-hari jauh dari kata bergerak. Lebih baik melakukan workout ringan dan rutin daripada tidak melakukannya sama sekali.

 4. Tidur yang cukup

pexels-photo-29992

Tidur adalah salah satu faktor pendukung kesehatan tubuh. Tubuh perlu istirahat setelah melakukan aktifitas sehari-hari. Tidur cukup membuat kesehatan terjaga dengan baik. Dengan istirahat cukup, bisa mengembalikan mood dan menghindarkan diri dari mata panda dan masalah kesehatan lainnya. Kualitas hidup ditentukan dari kualitas tidurmu. Dan yang lebih penting lagi, tidur memperpanjang umur. Dalam sebuah penelitian di tahun 2010, dibuktikan bahwa kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari 5 jam.

 5. Tertawa lebih sering

pexels-photo-47384.jpeg

Hal simpel selanjutnya adalah tertawa. Tertawa sangat bermanfaat terutama ketika mood kita sedang turun. Dengan tertawa akan membuat kita merasa lebih baik. Seakan stres yang ada hilang dengan sendirinya. Bagi kesehatan, tertawa dapat meningkatkan aliran darah. Orang dengan tekanan darah tinggi, bisa dikurangi dengan tertawa karena aliran darah lebih lancar. Hal yang umum tetapi sering diabaikan dari manfaat tertawa adalah awet muda. Tertawa membuat orang lebih awet muda. Ini terjadi karena otot wajah yang lebih kuat karena senyum dan tertawa yang kita buat.

 6. Menahan amarah

man-couple-people-woman

Jangan mengambil keputusan ketika sedang marah

Kata-kata di atas memang ada benarnya. Keputusan yang diambil ketika sedang emosi akan membuat kita menyesali keputusan itu. Amarah merupakan perasaan yang harus bisa dikontrol karena banyak hal buruk yang akan terjadi. Orang yang dilanda rasa marah akan menjadi tegang. Hal ini memicu denyut jantung untuk bekerja lebih keras. Dengan menahan amarah, jantung akan bekerja stabil. Marah juga membuat tubuh menjadi stres. Dengan menahan amarah, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s