Yuk Fokus, Ini 5 Hal yang Mengganggu Kosentrasimu

Dalam melakukan setiap pekerjaan diperlukan fokus. Membangun konsentrasi penting untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan teliti. Tanpa fokus mustahil pekerjaan yang kamu lakukan akan selesai tepat waktu. Mustahil juga pekerjaan akan selesai dengan benar dan teliti. Dan lebih buruk lagi pekerjaan tidak akan selesai. Untuk itu yuk kenali 5 hal ini yang bisa mengganggu konsentrasimu.

 1. Media Sosial

Social media app icons on a smart phone

Menjadi makhluk sosial memang suatu keharusan. Berinteraksi dengan orang lain sudah suatu kewajiban. Tapi apa jadinya jika saat kamu butuh konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan, media sosial terus saja mengganggumu. Terus memegang smartphone, padahal ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Yang harus kamu lakukan tidak ada cara lain selain menjauhkan ponselmu dan mematikan notifikasi untuk sementara sampai pekerjaanmu selesai.

 2. Smartphone

hand-apple-iphone-smartphone.jpg

Di jaman sekarang ini smartphone wajib untuk dimiliki. Fitur yang ditawarkan smartphone sangat banyak. Kamu bisa bermain game, berselancar di media sosial, memainkan musik, dan masih banyak lagi. Sampai saat ini tingkat kecanduan smartphone sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Memang kecanduan smartphone tidak merugikan seperti kecanduan narkoba. Tapi bagaimana kalau kamu sedang dihadapkan pekerjaan yang memerlukan fokus? Mau tidak mau kamu harus menyingkirkan smartphone kesayanganmu untuk sementara.

 3. Multitasking

woman-hand-desk-office.jpg

Banyaknya pekerjaan yang dipunyai seseorang terkadang membuat orang itu berpikir bagaimana menyelesaikan semuanya dengan cepat dan tepat waktu. Pikiran itu membuat istilah multitasking muncul. Dengan multitasking diharapkan pekerjaan yang banyak akan selesai dengan cepat. Pada kenyataannya tidak seperti itu. Multitasking justru akan menghambat semua pekerjaanmu. Ketika kamu sedang fokus pada pekerjaan A, konsentrasimu juga akan terbagi pada pekerjaan B yang tentu saja fokusmu terbagi menjadi dua. Mengerjakan pekerjaan satu per satu lebih baik daripada multitasking banyak pekerjaan sekaligus.

 4. E-mail

pexels-photo-30814.jpg

E-mail masuk dalam 5 poin ini. Sama halnya seperti media sosial. Mengecek e-mail secara berkala juga akan merusak fokusmu. Terkadang e-mail menjadi sangat penting untuk berkirim kabar, informasi, file dan promosi dari e-commerce favoritmu. Tetapi e-mail juga banyak berisi spam yang sangat mengganggu bila kamu tidak mematikan notifikasi. Mengecek e-mail tidak perlu rutin dilakukan. Cukup dilakukan sehari sekali untuk mengecek surat elektronik ini.

 5. Stres

pexels-photo-52608.jpeg

Hal yang paling fatal yang akan mengganggu konsentrasimu adalah stres. Stres adalah keadaan dimana kamu sangat jenuh karena rutinitas atau masalah yang kamu hadapi. Kamu tidak akan bisa berkonsentrasi saat kondisi seperti ini. Mencoba mencari permasalahan yang sedang kamu hadapi atau mencoba refreshing sangat dianjurkan untuk dapat mengembalikan fokusmu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s