5 Kebiasaan Dalam Mengatur Uang yang Harus Dihindari Dari Sekarang

Anak muda yang sedang beranjak dewasa sangat rentan dalam hal mengatur keuangan. Tidak mempunyai skala prioritas adalah masalah utama. Contohnya seringkali anak muda membeli barang yang sebenarnya tidak dia butuhkan. Hal ini bisa menyebabkan kondisi keuangan jadi tidak baik. Stop menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. So apa saja kebiasaan yang harus dihindari agar keuangan kembali membaik?

 1. Tidak mencatat pengeluaran

calculator-calculation-insurance-finance-53621.jpeg

Hal simpel yang kebanyakan orang malas melakukannya. Banyak sekali keuntungan ketika mencatat pengeluaran. Kita menjadi tahu dan ingat kemana saja uang mengalir. Darimana uang didapatkan. Kita bisa menghindari pengeluaran tidak penting seperti yang kita lakukan di masa lalu. Dan kita juga bisa memanfaatkan potensi darimana uang datang.

 2. Melupakan menabung

business-money-pink-coins.jpg

Menabung sudah dibiasakan sejak kecil. Sejak seumur SD kita sudah dibekali dengan buku tabungan. Namun kebiasaan ini sudah lama dilupakan. Kebiasaan baik yang seharusnya selalu ada. Terkadang sebagai anak muda yang merantau sudah merasa cukup apabila sudah bisa membayar kos dan makan minum terpenuhi. Tapi memiliki rencana keuangan tersendiri bisa membantumu ketika kamu membutuhkan dana di waktu tertentu.

 3. Maniak kartu kredit

money-card-business-credit-card-50987.jpeg

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Kiranya itu peribahasa yang tepat untuk pengguna kartu kredit. Membeli barang dengan kartu kredit sama saja menumpuk hutang. Dan lama kelamaan akan menjadi besar. Untuk kamu yang menggunakan kartu kredit dan mengambil metode pembayaran bulanan minimum, utang kreditmu akan tertutup dalam waktu yang tidak singkat. Sebaiknya utang kredit segera dilunasi secepat mungkin.

 4. Pengeluaran jangka pendek

pexels-photo-159991.jpeg

Pengeluaran jangka pendek memang tidak ada salahnya. Tetapi ketika kita bisa membuat rencana pengeluaran jangka pendek, kita juga harus bisa membuatnya dalam rencana jangka panjang. Menentukan seberapa besar pengeluaran dan tabungan selama setahun membuat kita mempunyai target tersendiri yang menuntut kita untuk memenuhinya.

 5. Terlalu bergantung pada orang tua

pexels-photo-185772.jpeg

Bergantung pada orang tua membuat kita kurang menghargai arti uang. Dengan berdiri sendiri secara finansial, kita akan menghargai uang. Tidak akan boros dalam pengeluaran. Dan akan selalu mempertimbangkan rencana jangka panjang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s