Ingin Lebih Bersifat Dewasa? Yuk Kenali 5 Tandanya

Seiring berjalannya waktu, usia kita bertambah. Perubahan fisik terlihat jelas. Mulai dari ketika anak-anak hingga saat ini, terlihat perubahan fisik yang bisa diamati. Namun berbeda dengan perubahan fisik. Perubahan psikis atau sifat kita sulit untuk dikenali. Terkadang meskipun seseorang telah tumbuh dewasa, sifat kekanak-kanakannya masih saja melekat. Agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, yuk kenali tanda-tanda dan kriteria sifat dewasa.

 1. Melakukan diskusi untuk mencari kebenaran, bukan untuk menang argumen

people-coffee-tea-meeting.jpg

Tujuan orang dewasa ketika diskusi adalah untuk mencari kebenaran. Ketika berdiskusi orang sering mempertahankan mati-matian argumennya walaupun dia tahu argumen itu salah. Sifat seperti ini yang menghalangi orang itu bersifat dewasa. Diskusi bukan untuk dimenangkan, tapi untuk mencari jalan keluar terbaik.

 2. Nyaman menjadi diri sendiri

pexels-photo.jpg

Memang senang melihat orang lain bahagia. Tapi apa yang terpenting selain kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaan diri kita sendiri. Seringkali untuk menyenangkan orang lain, manusia harus merubah karakter mereka menjadi seperti yang orang lain ingin padahal dia tidak merasa nyaman. Stop melakukan hal seperti ini. Kamu tidak perlu menyenangkan orang lain jika kamu sendiri tidak merasa bahagia. Orang yang bersifat dewasa akan memperjuangkan kebahagiaannya.

 3. Menjadikan pengalaman sebagai guru

pexels-photo-31119.jpg

Manusia dewasa terus melangkah. Tidak ada permasalahan yang dapat menghancurkan semangat hidup seorang dewasa. Semua yang pernah menjadi kegagalan baginya, dia jadikan sebagai guru untuk tidak melakukan langkah yang sama di masa depan. Dengan menjadikan pengalaman sebagai guru, sifat putus asa bisa dihindari. Sifat seorang pesimis seperti ini tidak akan ada selama masih ada semangat untuk mencapai tujuan.

 4. Mudah memaafkan

pexels-photo-167299.jpeg

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Ayah, ibu, nenek, temanmu pernah melakukan salah. Kamu sendiri juga pernah melakukan salah. Dengan memahami kata-kata tadi, kamu akan menjadi seorang pemaaf. Kamu tahu bahwa manusia tempatnya salah dan lupa. Setiap ada seseorang yang berbuat salah padamu, kamu tidak akan segera memaafkan dan tidak menyimpan dendam. Itulah yang dilakukan orang yang bersifat dewasa.

 5. Menghargai perbedaan orang

pexels-photo (1).jpg

Manusia adalah entitas. Setiap manusia itu unik. Semua berbeda satu sama lain. Kamu tentu ingin dihargai sebagai dirimu apa adanya. Kamu tidak ingin orang menyukaimu karena sifat yang kamu buat-buat. Maka lakukanlah hal yang sama. Menghargai perbedaan orang berarti tidak memaksakan keinginan kita untuk merubah karakter orang lain. Biarkan semua yang ada di dunia ini saling melengkapi karena keunikannya.

Iklan

2 pemikiran pada “Ingin Lebih Bersifat Dewasa? Yuk Kenali 5 Tandanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s