Ini Dia 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Merantau Sebagai Mahasiswa

Bagaikan katak di dalam tempurung. Begitu kiranya orang menganggap orang lain yang hanya berada di zona nyamannya. Termasuk ketika kamu hanya berdiam diri saja di daerahmu atau di tempat yang telah kamu ketahui. Merantau identik dengan pengalaman baru. Pengalaman yang tidak akan kamu dapat jika kamu berada di kota asalmu. Ini dia 5 alasan kenapa kamu harus merantau sebagai mahasiswa.

 1. Belajar Kemandirian

pexels-photo.jpg

Merantau mengajarkan kita tentang kemandirian. Segala kegiatan sehari-hari kita lakukan sendiri. Mengatur waktu dan menjaga kesehatan dilakukan secara mandiri. Dengan merantau kita sendiri yang menentukan jalan hidup kita. Semua tergantung pada dirimu sendiri. Apakah kita bisa memanfaatkan merantau untuk belajar hidup mandiri, atau hanya untuk berfoya-foya karena lepas dari pengawasan orang tua.

 2. Menghargai Waktu

fashion-man-wristwatch-model.jpg

Waktu adalah uang. Pepatah untuk mereka yang sangat menghargai waktu. Begitu pula dengan mahasiswa yang menyebut waktu adalah ilmu pengetahuan. Manajemen waktu penting bagi kehidupan mahasiswa rantau. Disitulah kamu akan berlatih bagaimana menghargai waktu. Dengan merantau kamu akan merasakan bagaimana waktu yang berharga itu akan terbuang sia-sia kalau tidak digunakan dengan baik.

 3. Menghilangkan Gengsi

pexels-photo-38940.jpeg

Kamu berasal dari suatu daerah dan merantau ke kota. Tentu kamu membawa budaya baru. Banyak orang akan merespon dengan budayamu itu. Entah respon positif atau negatif. Namun itulah budayamu sendiri. Apapun kata orang, kamu akan tetap menghormatinya. Kamu tidak perlu gengsi. Kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk menyenangkan hati mereka.

 4. Belajar Budaya Baru

pexels-photo-108995.jpeg

Merantau ke kota berarti akan menerima budaya baru baik dari kota itu, ataupun dari perantau lain yang membawa adat istiadatnya. Itu akan membawa dampak positif bagi seorang mahasiswa perantau. Wawasanmu akan bertambah seiring berjalannya waktu. Teman-temanmu dari berbagai suku atau bangsa lain akan terus bertambah. Dan tentu kamu dan temanmu bisa saling sharing kebudayaan satu dengan yang lain.

 5. Sensasi Pulang Kampung yang Indah

pexels-photo-45644.jpeg

Apalagi yang ditunggu seorang perantau selain pulang ke kampung halaman. Setelah sekian lama kamu berada di negeri orang, tentu kamu akan rindu kampung halamanmu. Kamu akan rindu orang tuamu, orang terdekatmu dulu sebelum merantau. Semua perasaan rindu akan terbayarkan ketika pulang. Selalu ingat pepatah “Kamu tidak akan merasakan kehadiran seseorang kecuali kamu telah kehilangannya”. Pepatah itu menunjukkan selama kita belum merantau, kita tidak akan bisa menghargai orang terdekat kita. Setelah kita merantau, barulah akan terasa orang terdekat kita yang mencintai dan menunggu kita untuk pulang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s