5 Hal Simpel yang Akan Membuat Harimu Lebih Produktif

Pagi hari suasana kampusku selalu sepi. Bukan karena hari libur, atau dosen yang makan gaji buta. Tapi ini lebih tentang mahasiswa yang terlambat. Mengawali hari dengan terlambat? Tentu agenda harian akan menjadi kacau.

Manusia normal pasti menginginkan agenda yang dia susun berjalan dengan semestinya. Atau dengan kata lain agendanya menjadi produktif. Hidup akan menjadi lebih produktif dengan 5 hal simpel ini.

 1. Tidur lebih awal

sleep

Waktu tidur normal yang dibutuhkan manusia kurang lebih 8 jam. Kalau dihitung-hitung untuk bangun pagi jam 5, paling tidak harus tidur jam 9 atau 10 malam. Mengapa harus seperti ini? Selain akan membuatmu bangun lebih pagi dan lebih siap menghadapi harimu, kamu bisa menghindari diri dari sekian banyak penyakit akibat begadang. Masih mau begadang? Untuk menikmati dunia malam, begadang boleh saja, disarankan di akhir pekan, dimana besoknya bisa beristirahat.

 2. Menjauhkan jam waker / alarm HP dari tempat tidur

waker

Merencanakan bangun pagi dengan jam waker atau alarm, tetapi tidak pernah berhasil. Ini seringkali menjadi masalah setiap orang. Bukan karena alat itu tidak berbunyi tetapi mudahnya kita untuk mematikannya.

Menjauhkan alarm / jam waker adalah sebuah solusi. Dengan posisi yang jauh dari tempat tidur akan membuat kita mengeluarkan seluruh kemampuan kita saat bangun tidur untuk berdiri dan berjalan mematikan bunyi itu. Ini mendorong kita untuk bangun dari tempat tidur dan melawan gravitasi kasur yang terkenal itu.

 3. Mandi pagi tepat setelah bangun tidur

bath

Masih ingat lagu dengan lirik “Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa……”. Yap, lagu itu memang benar. Untuk dapat produktif di pagi hari, bangun tidur disarankan untuk langsung mandi. Mandi dapat membuat badan lebih segar. Kesegaran ini yang dapat mencegah kita untuk bermalas-malasan.

 4. Melakukan workout / excercise

workout

Tidak ada yang meragukan kemampuan olahraga untuk membuat orang menjadi sehat. Olahraga pagi sebelum sarapan disarankan. Bukan untuk membentuk otot atau menambah kekuatan. Tetapi sebagai konsumsi harian agar tubuh tetap fit. Olahraga pagi sebaiknya ringan-ringan saja. Tidak perlu melakukan full-body workout dengan angkat beban berat. Disarankan melakukan O7W. Apa itu O7W? Ini adalah beberapa paduan gerakan yang dilakukan dengan selang waktu tertentu.

 5. Shalat Dhuha bagi kamu yang muslim

moslem

Untuk yang terakhir ini buat kamu yang muslim. Karena saya juga muslim. Shalat Dhuha 4 rakaat di pagi hari InsyaAllah akan membuat kita dilancarkan rejekinya dalam sisa hari itu.

Menurutmu arikelku bermanfaat? Silahkan dibagi ke teman kamu

Iklan

3 pemikiran pada “5 Hal Simpel yang Akan Membuat Harimu Lebih Produktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s